Review: Love Garage 2013

02/01/13 Seusai pulang jam kantor, saya sengaja menghabiskan Jumat malam ini untuk menghadiri Love Garage periode ke-3. Event tahunan yang diselenggarakan di pelataran eX Plaza oleh Ismaya Live bersama Future 10 ini, menghadirkan line-up meriah, layaknya event-event sebelumnya.

Sebagai suguhan utama, kita ditemani playlist dari Dj Onnie sambil menunggu band lokal pertama menghentak stage. Setelah itu, Polka Wars selaku band yang memenangkan audisi terbuka untuk acara ini, tampil penuh kecanggungan dan kikuk saat menyapa penonton pada malam itu. Namun Karaeng Adjie (Vokal/Gitar), Giovanni Rahmadeva (Drum), Xandega Tahajuansya (Bass), Billy Saleh (Gitar) tetap memaksimalkan performance-nya saat menyanyikan “Sanctuary”, “Piano Song”, hingga lagu penutup “Caroline”.

Selanjutnya, BRNDLS keluar bersama kostum mencengangkan, layaknya dadanan tunasusila di Las Vegas. Berbalut piyama, stocking, dan wig berwarna cerah memainkan lagu-lagu dari album DGNR8. Sang vokalis (Eka Annash) juga terlihat kerepotan dengan microphone yang meganggu berjalannya acara, dan lebih banyak berinteraksi dengan penonton. Sebelum lagu “Abrasi” dikumandangkan terlihat Ras Muhammad diajak berpartisipasi untuk mengisi bagian Ucok (Homicide). Dan sebagai puncaknya, BRNDLS memilih “Awas Polizei” sebagai lagu terakhir.

Proyek kolaborasi antara Homogenic, Rock N Roll Mafia, Agrikulture juga cukup menghebohkan crowd pada malam itu. Sinkronisasi yang dinamis antara band satu ke band lain, yang dimainkan secara marathon (red: tanpa jeda), hasil pemikiran jenius dari frontman Santamonica yaitu Joseph Saryuf. Iyub (panggilan akrab Joseph Saryuf) juga ikut andil mengisi vokal di beberapa track terakhir, dengan semua personil (Homogenic, RNRM, Agrikulture) yang terlihat sangat menikmati penampilannya.

Sambil menantikan penampilan selanjutnya, kuping kita dimanjakan bersama lagu-lagu pilihan dari DJ Hogi. Lalu, tak berselang lama, sudah terlihat unit baroque pop asal New York, yaitu Ra Ra Riot (RRR) yang sudah siap di atas stage tersebut. Walau ditinggal Alexandra Lawn (Cello), RRR tetap tampil bersama formasi lengkap, Wes Miles (Vokal), Mathie Santos (Bass), Milo Bonnaci (Gitar), Rebecca Zeller (Violin), Kenny Bernard (Drum), dan satu additional-player mengisi bagian Cello. Setlist yang dimainkan juga beragam, dari album The Rhumb, hingga yang terbaru Beta Love. Tapi yang terdengar familiar dikuping saya hanya single mereka yang terkenal yaitu “Too Dramatic”. Walaupun sama-sama dibesarkan dari kota New York, ini pertama kalinya Ra Ra Riot berbagi stage bersama Yeah Yeah Yeahs.

Tak sabar menantikan penampilan selanjutnya, para crowd serempak meneriakan “Yeah Yeah Yeahs” berulang kali, hingga Nick Zinner menyapa mereka dengan ucapan “Selamat Malam Jakarta!”, lalu satu persatu member YYY’s menempati posisinya masing-masing di ikuti sapaan hangat Karen O. Tampil dengan stage act yang liar, tatanan rambut Karen O yang berwarna pirang, dan ‘permainan’ drum khas dari Brian Chase, membawakan beberapa lagu dari keempat albumnya. Ditambah single baru yang berjudul “Mosquito”. YYY’s juga memberikan gimmick dari penampilannya, saat lagu “Zero” dinyanyikan, keluarlah dua bola raksasa bergambarkan biji mata lalu dilemparkan ke penonton. “Maps” dan “Date With The Night” dipilih menjadi encore dari penampilan mereka malam itu. Indonesia memang sudah lama mengharapkan YYY’s untuk tampil disini, maka tercetus lah dari mulut sang frontwoman (Karen O), “Thanks for waiting YYY’s from thirteen years!” sambil menunjuk gitar Nick Zinner yang bertuliskan “Aku Cinta Indonesia”. Lalu melambaikan tangan berbalut senyum ceria khas dia dan meninggalkan stage. Love Garage tak berhenti sampai disitu, di penghujung acara kita dapat menikmati penampilan dari Beni (Modular) yang beraksi dengan turn table-nya, hingga menjelang pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins