Photos: Laneway Festival 2013

Laneway Festival 2013 di Singapura rupanya sudah berkembang menjadi festival yang besar dan bukan sekedar menyaksikan band-band manggung tetapi sebuah pengalaman yang menyenangkan. Venue kali ini yang beberapa kali lipat lebih besar dari venue sebelumnya, membuat puluhan ribu penonton dapat berfestival dengan lebih nyaman tanpa perlu berdesak-desakan. Ribuan orang bersantai menikmati para penampil sambil tidur-tiduran dirumput menikmati matahari, ribuan lainnya berjingkrakan didepan panggung, dan beberapa ratus lainnya mengantri makanan/minuman dan merchandise.

Dibuka oleh Kings of Convenience dengan format band, lalu dilanjutkan oleh Poliça yang memiliki karakter suara unik. Dua drummer yang digunakan cukup menarik perhatian pengunjung, dan sewaktu ditanyakan mengenai hal itu; mereka hanya menjawab “karena kalau tiga drummer itu kebanyakan”.

Dilanjutkan berturut-turut oleh Cloud Nothings dan Divine Fits yang distorsi kencangnya membuat cuaca yang panas semakin panas, sementara semakin banyak orang berdatangan dengan bikini top. Hidup itu indah.

Jam setempat menunjukkan pukul empat sore sementara matahari belum juga jinak saat Of Monsters and Men memainkan set mereka. Kejadian cukup lucu terjadi saat Japandroids bersiap-siap untuk tampil setelah OMAM, rupanya waktu yang diberikan untuk Of Monster and Men masih tersedia untuk satu lagu lagi sementara Japandroids sudah bersiap diset mereka. Duo Japandroids kemudian dipanggil lagi ke belakang dan OMAM memainkan satu lagu tambahan dari album baru mereka nanti.

Setelah itu Japandroids membuat penonton didepan panggung berkeringat dengan belasan lagu dari kedua album mereka.

Waktu berlalu dan saya memanfaatkan set Nicolas Jaar dan Kimbra sambil tidur-tiduran dirumput menikmati matahari. Sementara matahari mulai menjinak pada pukul tujuh, Real Estate menghibur festival yang semakin padat. Berturut-turut tampil Alt-J dan Yeasayer yang selalu keren, Kemudian Bat For Lashes muncul dengan dominasi dari hits-hits dari album “Haunted Man” dan membuktikan kalau Natasha Khan itu memang sexy.

Tidak beberapa lama setelah Bat For Lashes tampil, maka Tame Impala mengambil alih dengan set dari album baru mereka “Lonerism”, dan Gotye pun menutup set festival malam itu dengan anthem “Somebody That I Used To Know” dengan bantuan Kimbra. Saya jadi tahu kalau ternyata beberapa lagu Gotye lainnya pun menarik.

Oh iya ini sedikit oleh-oleh dari rekaman sesi tanya jawab.
Poliça interview session
Alt-J interview session.


photos by Jennifer Bako

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins