Diskusi BOH: Sejarah GMR FM Rock Radio Bandung @ Common Room, Bandung

March 25, 2010
8:00 pm

NGABANDUNGAN III
DISKUSI DUA BULANAN BANDUNG ORAL HISTORY
COMMONROOM JL KYAI GEDE UTAMA NO 8
KAMIS 25 MARET 2010 PUKUL 18.00 – 19.00

Radio dalam perjalanan sejarah Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting. Jika kita ingat peristiwa kemerdekaan, para pemuda pertama kali mendengar berita kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II tiada lain dari berita radio. Pun menyebarnya musik rok di Kota Bandung, sebagai Kota Barometer Musik Indonesia, salah satu faktor pendukungnya tak lain adalah karena sebuah stasiun radio yang secara khusus memutarkan lagu-lagu rock. Statsiun radio itu bernama “Generasi Muda Radio Rock Station”, berada di frekuensi 104.4 FM. Dari GMR FM inilah kemudian lahir banyak band-band berkualitas di Kota Bandung dan Indonesia.

GMR FM lahir seiring dengan perkembangan musik rock di tanah air sekitar akhir 1980an. Radio ini dulunya bernama YG Radio atau Young Generation dan secara konsisten memutarkan lagu-lagu rock sebagai program mereka all day long. YG kemudian berubah nama menjadi Generasi Muda Radio disingkat GMR ketika pindah ke jalur FM. GMR segera saja enajdi lokomotif utama scene musik rock/metal Kota Bandung di awal 1990an dan melesat membawa scene ini kepada kemajuan yang pesat. Kita yang tumbuh di pertengahan 1990an tentu ingat Sunday Morning Rock, atau SixSix, atau Ring My Bell. Dari program-program inilah musik rock/metal di Kota Bandung pertama kali berkembang, hingga kahirnya menemukan betuknya seperti sekarang ini.

GMR FM bubar tahun 2002 dan semenjak itu tak ada lagu stasiun radio yang berani memproklamirkan diri sebagai stasiun radio rock seberani GMR FM. Dalam sedekadean hidupnya GMR begitu banyak menyumbanghkan banyak hal bagi scene musik rock Indonesia. Adalah hal yang sangat baik jika kita bisa berbagi cerita dengan para aktivis GMR dan scenester-scenester senior yang sepanjang hidupnya terlibat aktif memajukan usik rock tanah air.

DEATHROCKSTAR sekarang beralamat di www.deathrockstar.club

Diskusi ini menmapilkan Arin, mantan penyiar GMR yang akan menceritakan sejarah GMR dan dinamika stasiun radio ini berdampingan dengan Uwo Funeral, Yuki Pas band, Gustaff H Iskandar, dan Dian AQ Maulana. Uwo akan mengisahkan kondisi scene musik rock/metal Kota Bandung di awal 1990an ketika GMR baru saja lahir, Yuki akan mengisahkan peranGMR dalam meajukan bandnya yang legendaris Pas Band, Gustaff akan membahas refleksi perkembangan kaum muda selama sedekadean GMR dan sedekadean setelah GMR bubar berkaitan dengan tingkat inisiatif kaum muda yang sepertnya semakin menurun, sementara Dian AQ akan memaparkan rencana riset dan penulisan sejarah GMR FM sebagai salah satu riset yang ia buat untuk Bandung Oral History.

Enjoy! Diskusi ini akan dipandu oleh moderator Joni Dep!


Fatal error: Uncaught Exception: 12: REST API is deprecated for versions v2.1 and higher (12) thrown in /home/deathrockstar/deathrockstar.info/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 1273