Dari Masa ke Masa: Gita Cinta Film Indonesia

March 29, 2008 4:00 pmtoMarch 30, 2008 4:00 pm

RILIS PERS

Dari Masa ke Masa: Gita Cinta Film Indonesia

Tahukah anda bahwa setiap tanggal 30 Maret kita memperingati Hari Perfilman Nasional?
Tahukah anda bahwa kita mempunyai arsip perfilman pertama di Asia bernama Sinematek Indonesia?
Tahukah anda bahwa (ak.’sa.ra) Kemang bukan sekedar toko buku biasa saja?

Penasaran? Datang saja hari Sabtu dan Minggu ini, tanggal 29 dan 30 Maret 2008 ke Aksara Kemang!

Dalam rangka memperingati Hari Perfilman Nasional, (ak.’sa.ra) Kemang bekerja sama dengan Jakarta International Film Festival (JiFFest) dan didukung oleh Sinematek, menggelar acara yang lain daripada yang lain, yaitu pemutaran film-film cinta! Dengan tajuk “Dari Masa ke Masa: Gita Cinta Film Indonesia”, Anda bisa mengenang kembali kejayaan Rano Karno dan Yessy Gusman di awal 80-an. Atau anda termasuk penggemar Onky Alexander yang dulu dikenal dengan julukan “Mas Boy”? Dan juga Paramitha Rusady semasa menjadi idola remaja? Dan buat Anda yang penasaran kenapa Nicholas Saputra dan Dian Sastro bisa menjadi pujaan anak muda sekarang, temukan jawabannya weekend ini!

“Acara ini memang kita buat untuk membawa anak muda melihat kembali kejayaan film Indonesia,” demikian kata Penny Purnawaty, Marketing Manager (ak.’sa.ra).
“Tentu saja, tema yang paling pas untuk anak muda dari dulu sampai sekarang adalah tema cinta, karena, love travels through time, love survives, dan kapan pun, cinta itu tetap terasa indah!”

Dibantu oleh JiFFest, ajang tahunan bergengsi yang selama tiga tahun terakhir ini telah menjadi festival film internasional terbesar di Asia Tenggara, terpilihlah tiga pasang ‘ikon’ dari setiap dekade generasi dan dua film dari masing-masing generasi tersebut. Mereka adalah:

Generasi 80-an: Yessy Gusman dan Rano Karno
Generasi 90-an: Paramitha Rusady dan Ongky Alexander
Generasi masa kini: Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra

Dan film-film mereka yang akan diputar adalah:

Gita Cinta dari SMA (1979, 109 menit)
Film yang melambungkan nama Yessy Gusman dan Rano Karno ini sempat menjadi film ‘wajib tonton’ bagi anak-anak muda di masa itu. Sampai sekarang pun, nama kedua karakter mereka, Galih dan Ratna, masih membawa kenangan manis bagi mereka yang berulang kali menyaksikan film ini, baik di layar lebar maupun televisi. Simak kisah cinta mereka hari Sabtu, tanggal 29 Maret, jam 13.00 WIB.

Catatan si Boy (1987, 92 menit)
“Siapa tak kenal dia / Boy anak orang kaya …” Siapa tak kenal lagu ini di tahun 80-an? Berkat lagu dan film fenomenal ini, nama Onky Alexander dan karakter mas Boy melambung tinggi menjadi panutan gaya hidup anak muda Jakarta. Keren, pintar, baik hati, taat beribadah dan tidak sombong, siapa yang tidak mau seperti Boy? Film ini diputar hari Sabtu, tanggal 29 Maret, jam 16.00 WIB.

Ada Apa Dengan Cinta? (2001, 110 menit)
Inilah awal kebangkitan film Indonesia! Gaya ceria Dian Sastro dan kawan-kawan bertemu dengan gaya kalem dan cool khas Nicholas Saputra, yang lantas membuat jutaan penonton film Indonesia terkesima! Temukan kembali kisah Rangga dan Cinta pada hari Sabtu, tanggal 29 Maret, jam 19.00 WIB.

Puspa Indah Taman Hati (1980)
Rupanya kesuksesan “Gita Cinta dari SMA” berhasil membuat penonton menunggu kelanjutan kisah Galih dan Ratna, hingga lahirlah kelanjutan romansa mereka. Lagu-lagu legendaris (almarhum) Chrisye menghiasi film ini dengan indahnya. Tidak percaya? Saksikan saja pada hari Minggu, tanggal 30 Maret, jam 13.00 WIB.

Cinta Anak Jaman (1988, 97 menit)
Paramitha Rusady! Donny Damara! Didi Petet! Ira Wibowo! Nama-nama yang menjadi jaminan mutu film remaja pada paruh kedua dekade 80-an ini hadir sekaligus dalam sebuah komedi unik. Saksikan tingkah polah mereka pada hari Minggu, 30 Maret, jam 16.00 WIB.

3 Hari Untuk Selamanya (2007, 112 menit)
Kalau sampai ada film remaja yang bisa menjadi Film Terbaik JiFFest 2007, pastinya film ini punya sesuatu yang lain daripada yang lain bukan? Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti bermain lepas layaknya anak muda sekarang, dan cerita unik mereka memang layak dikenang untuk selamanya. Jalan bareng mereka hari Minggu, 30 Maret, jam 19.00 WIB.

Seluruh film-film ini merupakan koleksi Sinematek Indonesia, lembaga arsip perfilman Indonesia, yang ternyata merupakan institusi arsip film pertama di Asia Timur saat didirikan tahun 1975. Jadi, dengan menonton acara ini, Anda telah merayakan Hari Film Nasional, mendukung keberadaan Sinematek Indonesia, sekaligus menunjukkan loyalitas anda terhadap JiFFest dan (ak.’sa.ra) kafe Kemang! Sekaligus merayakan kembali kisah cinta yang Anda nikmati, tentunya.

Seluruh pemutaran film bertempat di (ak.’sa.ra) kafe Kemang, gratis dan terbuka untuk umum*. (HANYA UNTUK YANG BERUSIA DI ATAS 17 TAHUN)

*tempat terbatas

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi (ak.’sa.ra) kafe Kemang di 021-7199288 atau JiFFest di 021-31925115.

Jadwal pemutaran film:

29 Maret 2008

Film: Gita Cinta dari SMA (1979, 109 menit)
Pemain: Rano Karno, Yessy Gusman, Arie Kusmiran, Yatti Surachman, Ade Irawan, Dony Sukma, Pong Hardjatmo.
Waktu Pemutaran: 13:00 WIB

Film: Catatan Si Boy 1 (1987, 92 menit)
Pemain: Onky Alexander, Meriam Bellina, Btari Karlinda, Dede Yusuf, Ayu Azhari, Leroy Osmani, Didi Petet.
Waktu pemutaran: 16:00 WIB

Film: Ada Apa Dengan Cinta? (2001, 110 menit)
Pemain: Dian Sastro, Nicholas Saputra, Titi Kamal, Sissy Priscillia, Ladya Cheryl, Adinia Wirasti, Dennis Adhiswara.
Waktu Pemutaran: 19:00 WIB

30 Maret 2008

Film: Puspa Indah Taman Hati (1980)
Pemain: Rano Karno, Yessy Gusman, Iis Sugianto, Dewi Irawan, Sukarno M. Noor, Marlia Hardi, Chrisye.
Waktu Pemutaran: 13:00 WIB

Film: Cinta Anak Zaman (1988, 97 menit)
Pemain: Paramitha Rusady, Donny Damara, Ira Wibowo, Didi Petet, Sylvana Herman, Karina Suwandi, Tio Pakusadewo
Waktu Pemutaran: 16:00 WIB

Film: 3 Hari Untuk Selamanya (2007, 112 menit)
Pemain: Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, Tarzan, Tuti Kirana, Ringgo Agus Rahman.
Waktu Pemutaran: 19:00 WIB

5 thoughts on “Dari Masa ke Masa: Gita Cinta Film Indonesia”

  1. saya penggemar film rano karno. terutama gita cinta dan puspa indah taman hati… dimana saya bisa dapat film itu lagi.. ada tidak vcd atau dvd nya.. saya mau koleksi. di beli juga ok.. tq

  2. Diantara film itu semua menurut ku yg paling berkesan gita cinta dari sma rano dan yessy . Romantika percintaan yg kelabu ,penuhpengorbanan , menguras energi emosional dan ending yg menyakitkan tapi bahagia …. ini .kisah percintaan yg klasik …. walau disudut yg berbeda serasa berlebihan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>