Apa itu blog?

Illustration by Eric WiryanataApa itu blog?

Kamu sering denger kata-kata blog tapi gak tau itu apa? Kamu kepingin punya blog biar dianggep gaul dan trendy tapi gak tau itu apa? Kamu ikut-ikutan bikin blog di frenster tapi gak tau itu apa? Kamu udah punya blog tapi masih juga gak tau blog itu apa? Mari kemari, baca artikel ini biar kamu engga go-blog.

Okey, pertama-tama saya rasa kalau kamu emang cukup niat untuk mencari tau blog itu apa mungkin sudah cari disana sini, lewat google, atau kalau kamu lebih kawakan pasti udah nyari di wikipedia. Tapi kalau kamu males baca bahasa inggris atau kamu lebih seneng ngecengin pacar kamu saat pelajaran inggris di sekolah kamu dan nilai kamu je-blog, kamu bisa baca artikel dari Enda Nasution, a.k.a bapak blog endanasution (baca: Indonesia, hehe) tentang Apa itu Blog?

Jadi, apa itu blog? Well, untuk singkatnya, blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi gak cuman milik media mainstream aja, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat. Bisa dibilang blog adalah New Media for Information and Culture. Kehadiran blog sebagai sumber informasi baru sudah mulai menunjukan signifikansinya karena para pembacanya membutuhkan informasi yang mungkin tidak terdapat di media mainstream dan untuk mendengar suara-suara yang selama ini belum terdengar tanpa kehadiran jaringan internet. Atau dalam kata lain kalo kamu kepingin mencari tau tentang sesuatu yang agak sulit di cari di media mainstream, kemungkinannya akan sangat besar kamu akan mendapatkannya lewat blog seseorang, kalo gak dapet, yah bikin sendiri aja.

Lalu dari informasi itu apakah yang bisa disampaikan? Yang ini juga, tergantung sih sebenernya. Dari pelakunya, tujuan dia nge-blog, dan bentuk informasinya. Contoh yang paling umum bagi para blogger pemula. Kamu nulis diary atau jurnal kamu secara online, trus curhat deh sebanyak-banyaknya tentang diputusin pacar, pedekate sama orang, maki-maki orang, atau cuman nulis lirik lagu orang, masukin buletin board atau junk mail yang mengharukan, dst. dst. Tapi apakah ternyata kamu cuman sampai disitu doang? Kalo iya, berarti blog kamu adalah seperti istilah blog yang di deskripsikan oleh Roy Suryo, seorang yang katanya adalah pakar IT di Indonesia tapi bahkan terlalu malu untuk mengakui kalo dirinya gak bisa pake frenster:

Blog itu satu tren saja. Jadi, seperti agenda yang bisa ditulisi macam-macam. Saya melihat blog sendiri kebanyakan masih berupa katarsis atau tempat curahan emosi.

Atau, kamu sudah lebih maju setahap dan mengerti kalo gak semua orang mau baca curhatan kamu kecuali pacar kamu. Kamu mulai nulis secara rutin tentang ide-ide, hasil karya naratif, hal-hal yang menarik dari keseharian kamu dan lingkungan sosial, pendapat kamu tentang hal-hal yang terjadi di sekitar kamu, dokumentasi, de el el. Atau juga kamu menarik link-link kepada halaman/informasi yang menurut kamu menarik untuk dibaca, dan memberitahukannya lewat blog kamu, jadi istilahnya kamu sudah mempermudah orang lain untuk mencari informasi dengan menjaringnya, atau membuat penjelasan sendiri, yah, seperti artikel ini juga hehehe. Lebih baik lagi bahkan, kalau kamu sudah bisa mempublikasikannya kepada orang lain secara global, mungkin dengan bridge-blogging, dan membuat orang lain yang nun jauh di ujung lain dunia ini tau tentang apa yang ada di sudut lain dunianya.

Tentu saja, kita tidak bisa mengkotak-kotakkan yang ini blog yang ini bukan. Blog adalah sebuat istilah yang cair. Intinya, jika ada tulisan yang dibuat di media internet, dan disusun secara kronologis-terbalik (yang paling baru yang duluan muncul), dan di-archive, dan di update secara rutin, udah bisa disebut blog. Penulis blog pun bisa individual, group, dan korporat, tergantung dari tujuannya membuat blog. Jika yang nge-blog itu sebuah perusahaan, tentunya isi blognya adalah berita seputar pengumuman produk, servis dan aktivitas perusahaan yang dianggap perlu untuk di publikasikan. Jadi apakah portal berita seperti kompas atau cnn bisa disebut blog? Kembali lagi, istilah ini bukan digunakan untuk mengkotak-kotakkan atau mengkategorikan sesuatu, jadi selama esensi blog hadir disana, ya, situs tersebut bisa dibilang cukup blog, terlepas dari sisi mainstream atau independen.

Kalo kamu ngaku-ngaku masih punya semangat "DIY" then go for it. Daripada DIY itu jadi sekedar jargon yang basi dan membuat kita terlena unproduktif. Cukup memprihatikan juga kalo ngeliat pengguna internet awam indonesia menguasai sebagian besar jumlah user di frenster tapi kurang melek untuk budaya internet yang baru ini. Tolong lah, internet itu bukan sekedar buka frenster doang, atau cetting, atau ngirim2 junkmail ke orang-orang tak berdosa, atau debat-debat kusir di forum.

Akan tetapi, artikel ini enggak disusun untuk memandu kamu nge-blog atau cara bikin blog. Udah ada seribu satu panduan di blogosphere (dunia per-blog-an / internet), kalo kamu terlalu males untuk nyari tau artinya kamu emang gak niat untuk ngeblog. Mendingan cukup aja sampai disini, daripada saya menjadi berdosa untuk membuat blogger-blogger "katarsis" baru. Mendingan kamu ikutan jadi Roy Suryo aja, karena Indonesia masih membutuhkan roy suryo – roy suryo baru, untuk tetap dimaki semua orang yang demen nonton infotaintment.

Ryan Koesuma, Oktober 2005

48 Comments

  1. ampun deh boss… ntah bagaimana yah, gua ga terlalu serius tuh pake blog di friendster, walou gua punya account multiply juga, kaga serius sh ngurusinnya, malah kdang gua bisa lebih parah nganggep blog sebagai tempat sampah gua cuah cuah… dan kalo udah penuh ya ga gua bersihin… gua baru tau aja wat ist blog kemaren

    tapi btw. gua ke-Hebred banget sama si ryan pas diskusi kita di Hardrock,

    but tha waz great gua dapet masukan baru…

    gua mau curhat lagi aaaw… he…he…he…

  2. ya alternatif utk pengertian apa itu blog, tp ga usah didefinisi-in bebas bebas aja orang mau ngapain sama blog mereka. but eniwei good article, jangan lupa diupdate yak artikelnya biar ga basi-basi amat. Ditunggu juga artikel-artikel lainnya seperti membuat gravatar kamu sendiri, apa itu feed, apa itu feed reader/aggregator bla blah… make that techie jargons jadi hal-hal yang gampang dimengerti semua orang.. saya menantikan saat-saat kita akan membuat behind the production of DRS Videocasts! cu around

  3. DYN

    artikel bagus. wah jadi pengen belajar nge-blog euy hehe…btw saya ingin menampilkan artikel ini di blog fs saya kumaha carana nya?

  4. Rizky

    Hai, sori ni klo udah rada basi. Gue juga baru kali ini mampir ke sini. Btw, nice article…bener-bener bisa jadi pembuka mata buat nyubi…

    Sedikit tambahan…

    internet itu bukan sekedar buka frenster doang, atau cetting, atau ngirim2 junkmail ke orang-orang tak berdosa, atau debat-debat kusir di forum.

    Bener bgt, tapi suka ato ngga, mayoritas pengguna internet lokal masih berkutat di forum. Dan ga semua forum isinya debat kusir melulu ( Mungkin kalo keseringan maen di K*sK*s, ya gue ga nyalahin kalo orang jadi punya pendapat kyk gitu ttg forum ). Sementara blog, biarpun betapa bergunanya, masih nempel sama sebuah hal yg namanya “trend”. Belom lagi kerumitan en banyaknya jargon-jargon teknis seputar blog yg bisa bikin orang-orang gaptek pada bingung. Belom lagi fungsi blog kan sebenernya lebih ke media publishing yang ga sepenuhnya cocok utk nerima feedback langsung dari orang laen. Ya kayak apa yang gue tulis sekarang ini aja, wong aslinya cuma tempat utk “komentar”, tapi kok komentarnya panjang amat ya?

    Gue ga ada maksut ngebandingin, hanya sekedar nambahin. Soalnya gue sendiri diuntungin sama adanya macem-macem media en alat informasi ini.

    Contohnya gini. Pertama, gue nyalurin ide di blog, trus dibahas lagi di forum, dan kalo emang ada subjek/topik yang ternyata perlu dibahas lebi real-time en personal…ya kita chatting deh. Ya saling melengkapi lah…

    Jadi jangan pake ngasi kesan kalo friendster ato YM itu iblis jahat yg harus dimusnahkan

  5. ngemeng ngemeng blog heheh…gua lebih suka photo blog
    lebih banyak naro foto diri,foto narsis hehe ama foto gig di jakarta
    paling ada sedikit narasi buat fotonya

    tapi akhir2 ini gua lebih suka naro info2 terbaru tentang music and fashion,baik local or international

    ow anyway main2 yah ke Livejournal gua :p

    www.livejournal.com/users/iloveglam

  6. adit

    keren tu infonya, emg bnr, di kampus gw,internet cuma sering bwt frenster& cetting doank… lebih baik kita liat deathrockstar coz ada banyak info jg.. =}

  7. raindrops

    bingungnya, napa kok kita mau baca blog orang tak dikenal
    lebih bingungnya lagi, blog2 itu ada dimana?
    kan gak mungkin masuk ke google trus search “blog orang tak dikenal”
    jadi kita nulis blog buat……….??

  8. wiwid

    tris infonya ………tp sya mau tanya lgi boleh nga……….. saya sudah membuat blog di blog spos tapi saya rada kurang tau gimana mengisinya menjadi spt apa yang saya mau mau kah kamu memberi petunjuk

  9. Heri Heryanto

    Terima kasih ya, artikel'y ngebantu saya banget …utk lebih mengenal apa itu Blog & Keguanaan'y, :D

  10. buset kata2 ngena banget, tapi ge bukan mau gunain blog buat curhat2an kok.. gw mau bikin blog buat memperluas wawasan gw sadar gw masih belum bisa tapi bukan go-blog. jadi tolong d bantu ya..
    trimakasih

  11. Esa

    Cara Membuat Blog, kalau mau belajar tentang hal tersebut, pergilah ke blog saya.

    Saya rasa postingan ini sangat menarik. selain itu, penulisannya yang santai namun jelas dan mudah kita pahami. Mudah-mudahan Blog ini sukses terus kedepannya.

    Blog saya: bugizzer.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.